Thursday, December 10, 2015

Titip oleh-oleh dong !!


Beuh.. paling males kalo mau jalan-jalan dan belum apa-apa sudah ada orang yang ribut minta dibawakan oleh-oleh. Tidak tanggung-tanggung mereka kadang seperti sudah membuat list entah dari mana. Bukannya apa-apa, tapi mayoritas jalan-jalan saya itu cuma backpacker-an, dan cuma bawa satu backpack saja agar praktis. Saya juga tipe orang yang malas repot heheheee… kalau bawa banyak oleh-oleh berarti ada kemungkinan harus bawa tambahan gembolan.
Menurut saya ada 2 tipe orang yang suka titip-titip, ada yang minta di bawakan oleh-oleh (yang berarti saya yang beli dengan budget sendiri) dan harusya tipe seperti ini menerima apa saja yang saya bawakan sebagai oleh- oleh, namanya juga di kasih. Tipe kedua, orang yang “titip” untuk di belikan. Biasanya mereka bilang titip, nanti di ganti. Tipe seperti ini biasanya pesanannya spesifik.
Kalau lagi baik biasanya saya jawab untuk kedua tipe orang diatas “iya tenang aja nanti di beliin kalo ketemu”. Tapi kalo lagi males, saya sudah warning dari awal ke orang-orang kalo tidak menerima titipan, karena ingin fokus jalan-jalan #tsahh… Tapi adakalanya juga saya lebih baik tidak bilang kalau mau jalan-jalan karena malas repot dengan pesanannya.
Dan karena hal ini juga saya tidak suka titip-titip oleh-oleh ke orang yang traveling, karena takut merepotkan dan merasakan juga repotnya kalau dititipi. Cuma kalau dipaksa memilih saya mau oleh-oleh apa, biasanya saya minta dikirimkan kartu pos saja dari negara yang mereka kunjungi, atau magnet kulkas juga sudah cukup. Dan kalau saya membelikan oleh-oleh untuk orang lain biasanya gantungan kunci, kaos atau makanan khas daerah itu, selama tidak bikin repot dan masih muat di backpack.
Saya juga sadar kalau oleh-oleh memang sudah menjadi budaya di Indonesia, sebagai ungkapan berbagi rasa senang karena sudah bisa jalan-jalan dan ingin agar teman-teman kita juga merasakan kesenanganya dengan diberi oleh-oleh. Jadi saya tidak anti juga soal oleh-oleh selama tidak bikin ribet.

No comments:

Post a Comment