Monday, July 1, 2013

WISATA GOA PINDUL, TAMAN SARI, MASJID BAWAH TANAH, INDISCHE KOFFIE RESTO

26 Mei 2013

Hari kedua di Jogja, tujuan utama saya dan teman-teman adalah Goa Pindul.  Lokasinya yang berada di gunung kidul, memakan waktu sekitar 1 jam dari Malioboro.  Untuk ke Goa Pindul sulit jika menggunakan angkutan umum, kareenanya saya menyewa mobil dan teman saya dari Backpacker Indonesia  (BPI) yang menjadi guide sekalian supir heheheee….
Semakin dekat ke tujuan, kita kaan melihat banyak orang berdiri di pinggir jalan. Mereka adalah penunjuk jalan untuk menuju ke Goa Pindul. Ternyata wisata alam Goa pindul ini dikelolah oleh beberapa pihak. Tiap pihak mempunyai guide masing-masing yang stay tune di pinggiran jalan menuju arah lokasi wisata. Dan para guide penunjuk jalan ini gratis.
Kawasan wisata Goa pindul adalah salah tempat wisata bagian dari Desa wisata Bejiharho, Karangmojo, Gunung Kidul. Di desa wisata ini terdapat beberapa pilihan paket wisata.


Pilihan paket wisata di Goa Pindul
Waktu itu karena waktu kami terbatas, dan sudah kesepakatan awal dengan teman yang lain ingin ke Goa Pindul, akhirnya kami mengambil paket Caving ke Goa Pindul. Per orang dikenakan biaya Rp.30.000,-.
Mobil offroad yang digunakan untuk menuju lokasi wisata
Briefing sebelum masuk ke air
Setiap orang diberikan jaket pelampung, dan 1 ban besar untuk di duduki. Selama perjalanan menyusuri Goa pindul, Guide akan menjeleskan tempat-tempat yang kami lalui. Seperti dimana lokasi sarang Kelalawar, atau tempat kelelawar kawin, atau buang air. Ada juga stalaktit yang terlihat patah, menurut guide hal ini dikarenakan diatas goa terjadi banjir, sehingga stalaktit engga kuat untuk menahan beban air yang terlalu besar. Sayang banget ngeliatnya stalaktit itu patah karena kerusakan hutan sampai terjadi banjir.
Di ujung Goa ada spot untuk foto dan lompat dari batu yang bisa di panjat. Perjalanan untuk berkeliling Goa pindul tidak terlalu lama, sekitar 15 menit.

Selesai dari Goa pindul saya melanjutkan mengjungi Taman sari. Jaman dulu tempat ini digunakan untuk pemandian para putri. Untuk masuk kesini kita perlu membayar Rp.2000 kalau melewati pintu depan. 
Taman sari tempat mandi para putri jaman dulu

Area Taman sari





Peta daerah Taman sari & Masjid Bawah tana


Dari taman sari kita bisa lanjut mengunjungi Masjid bawah tanah. Lokasi Masjid ini berada di tengah daerah pemukiman warga, jadi kalau sudah nyasar biasanya saya nanya aja ke warga yang ada disitu. Pasti dengan ramah akan dibantu menunjukan jalan ke Masjidnya. Masjid ini berbentuk lingkaran, di bagian tengahnya ada bagian terbuka seperti panggung. 
Masjid bawah tanah dengan bentuk lorong melingkar


Dulunya digunakan oleh Muadzin untuk Adzan. Di salah satu tembok terdapat cekungan kedalam yang digunakan sebagai tempat imam.

Disekeliling Masjid sudah dijadikan rumah-rumah warga. Di salah satu rumah kita bisa melihat cara pembuatan batik ada juga cara pembuatan wayang.


Salah satu pengrajin wayang di daerah sekitar Taman sari
Tempat terakhir yang dikunjungi adalah sebuah restoran di dalam benteng VREDEBURG. Belum banyak yang tau mengenai restoran ini, namanya Indische Koffie. Tempatnya berkesan klasik gaya colonial dulu. Menu yang dihidangkan dari makanan dan minuman tradisional jawa, hingga makanan internasional.
  Restoran Indische Koffie                                     

Sayangnya waktu itu saya sudah hampir ketinggalan kereta karena waktu yang mepet, saya engga bisa lama-lama disana. Jadi minuman yang sudah dipesan juga terpaksa di take away.
Begitu sampai stasiun, saya harus lari-lari dengan teman-teman saya karena kereta sudah mau berangkat. Untungnya kami berhasil naek kereta 3 menit sebelum kereta jalan fiuuuhhhh…
Kalo pergi liburan di Jogja emang engga akan cukup kalau cuma 2 hari, lain kali semoga bisa lebih lama waktu liburannya hehehee…







1 comment:

  1. Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti, Pantai Baron ... Rest Area Jalur Mudik Solo – Wonosari ...
    HUBUNGI: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Aneka jajan & Oleh-oleh Grosir & Eceran ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR
    Jl. Raya Watukelir – Semin Gunung Kidul Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo
    (600 meter utara pasar Candirejo-Semin)
    Toko warna warni sebelah timur jalan.. Habis tanjakan dari arah solo setelah balai desa krajan..
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..

    Agar perjalanan anda tetap lancar kami sediakan:
    Ban Murah – Berkwalitas – Made In Indonesia
    2.25-17 = Rp. 65.000,-
    2.50-17 = Rp. 65.000,-
    2.75-17 = Rp. 65.000,-
    Sedia aneka macam olie:
    Shell Adv AX5, Shell Adv SX, Enduro 4T, Federal UT, Federal Flick, Castrol Go, Castrol Activ, Yamalube, Mesran, Evalube 2T, SGO 4T, Top1, AHM MPX1, AHM MPX2

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, Fotokopi..

    ReplyDelete