Monday, February 25, 2013

Ke Taman Safari dengan Angkutan Umum

11 Juli 2012


Sebagai orang luar Jakarta yang kerja di Jakarta, entah kenapa saya ga betah lama-lama di Jakarta. Jadi tiap ada kesempatan libur diluar Sabtu-Minggu, rasanya pengen langsung kabur dari Jakarta. Kesempatan muncul waktu ada pengumuman bahwa kantor akan diliburkan saat PeMiLuKada DKI Jakarta. Libur 1 hari itu tentu salah satu gerbang saya untuk jauh-jauh dari jakarta, tapi karena libur di hari Rabu, tentu sulit menentukan tempat liburannya. Akhirnya saya mengajak teman kosan saya untuk berlibur ke Taman Safari. Saya berangkat bersama 2 orang teman kosan. Tidak adanya diantara kita yang mempunyai transportasi, tidak menjadi masalah, kami tetap go show menggunakan transportasi umum.

Kami berangkat dari stasiun Manggarai menggunakan kereta Commuter line jam 6.30pagi, sampai di stasiun Bogor satu jam kemudian. Untungnya keretanya cukup kosong pada waktu itu jadi kebagian duduk. Dari stasiun kami melanjutkan dengan angkot 03 yang ke arah Baranangsiang. Kita turun di Baranangsiang dan melanjutkan dengan angkot 01 ke arah Ciawi, kita turun di Tajur. Dari Tajur, lanjut menaiki angkot berwarna Biru ke arah Cisarua, berhenti di persimpangan Taman Safari. Kalau ga yakin, tanya aja supirnya biasanya supir-supir disana pasti tau.

Sebetulnya kami mengejar sampai di taman safari pukul 9, begitu buka kami langsung masuk. Tapi apa mau di kata, cacing di perut sudah bikin orchestra karena belum sarapan. Akhirnya kami makan di warung pinggiran dekat Cimori. Begitu perut kenyang, kami lanjutkan perjalanan menggunakan angkot berwarna merah yg membawa langsung hingga ke parkiran taman safari. Sebenarnya banyak juga Ojeg yang menawarkan jasa untuk mengantar ke Taman Safari. Cuma berhubung harga angkot pasti lebih murah, jadi saya pilih angkot aja hehehee...

Rincian Transportasi Keberangkatan:

Jakarta - Taman Safari:

Commuter Line Manggarai - Bogor                          : Rp 7.000,-
Angkot 03 (Bubulak - Baranangsiang) Warna Hijau  : Rp 2.500,-
Angkot 01 (Baranangsiang - Ciawi) Warna Hijau      : Rp 2.500,-
Angkot ke arah Cisarua Warna Biru                          : Rp 4.500,-
Angkot ke Taman Safari warna merah                       : Rp 4.500,-

Dari parkiran, kami harus jalan kaki, awalnya sempat bingung dimana jalur untuk membeli tiket untuk yang tidak membawa kendaraan. Ternyata ada sidewalk yang khusus untuk pejalan kaki. Harga tiket waktu itu Rp. 100.000,- Agak kaget juga sih, karena estimasi kita harga masuk kesana cuma Rp. 75.000,- hahahaa... ternyata harga udah naek. Setelah memiliki tiket, kami diberi tau bahwa tersedia bus untuk mengantar berkeliling Taman safari dan itu gratisss :D 
Di beberapa tempat, bus yang kami tumpangi sempat berhenti cukup lama karena di beberapa area, ada pembatasan jumlah mobil yang masuk dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar hewan tidak stres atau merasa terganggu. Taman safari dibagi kedalam beberapa area sesuai habitat asli dari para hewan disana, yaitu Asia, Afrika, Amerika dan Eropa.




Selesai berkeliling dengan bus, kami diturunkan di satu spot pemberhentian. Untuk yang ingin berkeliling dengan menaiki gajah, taman safari juga menyediakan sarana itu, selain itu juga terdapat kereta gantung untuk melihat taman safari dari udara
Dalam satu hari, terdapat beberapa pertunjukan hewan-hewan di Taman safari. Jadwalnya bisa dilihat di brosur yang didapat di pintu masuk saat membeli tiket.
Tempat pertama yang kami masuki adalah kawasan Baby Zoo. Disana kita bisa berfoto dengan anak orang utan, anak harimau putih dan anak macan tutul. Harga untuk sekali berfoto dengan anak orang utan adalah Rp 25.000,- sedangkan untuk berfoto dengan anak macan tutul atau anak harimau putih kita harus membayar Rp 15.000,-
Mendekati jam makan siang, kami berpindah ke kawasan utara, dimana kita bisa memberi makan gajah. Kita bisa membeli wortel yang dijual disana seharga Rp 5.000,-/ ember kecil.
Memberi makan gajah, salah satu pengalaman yang ditawarkan di Taman  Safari
Jika kita terus jalan ke utara, kita bisa menonton pertunjukan harimau yang beratraksi dengan pawangnya. Sayang untuk pertunjukan ini kami terlambat, sehingga tempat sudah sangat penuh dan sulit untuk melihat atraksinya.
Tapi masih ada 2 atraksi lainnya yang kami sempat tonton, yaitu atraksi singa laut dan atraksi burung pemangsa. 
Atraksi Singa laut ini sangat menghibur menurut saya, dan juga atraktif. Singa laut yang sudah terlatih ini bisa melakukan atraksi memasukan bola kedalam keranjang, beris berbaris, melompat untuk mengambil ikan yang ditempelkan ke mulut trainernya. Dan terkadang mereka usil menyipratkan air dari dalam kolam ke para penonton. Sehingga sebagian besar penonton di bagian depan basah terkena cipratan air heheheee...


Atraksi singa laut yang lucu-lucu

Tidak lama setelah pertunjukan singa laut selesai, kami buru-buru untuk menonton pertunjukan burung pemangsa yang tidak jauh dari arena singa laut. Penonton duduk mengelilingi sebuah lapangan cukup luas. Pertunjukan ini juga sangat interaktif dengan penonton. Beberapa kali trainer meminta sukarelawan dari penonton untuk maju kedepan, biasanya yang ditunjuk adalah anak-anak atau remaja. Penonton yang maju kedepan, bisa merasakan pengalaman memberi makan burung secara langsung.
Dan bintang dari acara ini adalah ketika salah satu burung terbesar di spesies burung muncul. Burung itu adalah burung pemakan bangkai, ukuran badannya saja sudah cukup besar, apalagi saat burung ini merentangkan sayapnya, terlihat lebar sekali.
Burung pemakai bangkai, salah satu burung dalam atraksi burung pemangsa


Jika kita berjalan terus ke atas dari tempat pertunjukan burung pemangsa, kita akan menemukan tempat penguin yang sedang berenang-renang di dalam aquarium, terkadang kita juga bisa memberi makan penguin-penguin itu. Di bagian luarnya ada banyak kangguru yang sedang bersantai di lapangan.



Sayangnya waktu saya kesana, bagian kandang komodo sedang dalam perbaikan, jadi saya tidak sempat melihat komodo dari dekat.
Selesai berkeliling kami menumpang bus taman safari untuk diantar hingga ke parkiran. Tapi ternyata parkirannya berbeda dengan parkiran tempat kami datang tadi pagi. Disini tidak ada angkot-angkot penumpang, semuanya hanya mobil-mobil pribadi. Akhirnya kami memutuskan untuk bertanya ke salah satu petugas disana, ternyata untuk sampai ke parkiran yang ada angkotnya, kami harus jalan keluar dulu. Kami disuruh untuk mengikuti tanda penunjuk arah.
Kami kira bakal gampang aja, ternyata sempet nyasar juga karena bingung arah keluar mana yang harus dipilih waktu melewati persimpangan. Tapi ending-nya kami ketemu juga tempat parkirnya, dan angkot-angkot sudah mejeng siap mengangkut penumpang fiuuuhhh...
Kami langsung naek angkot itu dan berhenti di Cimori. Dari Cimori kami naik bus, sebenarnya bisa naek bus apa saja asalkan jurusan ke Jakarta, bus ini tujuan akhirnya di terminal Kampung rambutan. Dari Terminal Kampung rambutan tinggal naik busway aja deh ke tujuan masing-masing. Behubung waktu sampai di Matraman, penuh banget shuttle buswaynya, dan kita udah cape banget, jadi kami memutuskan naek bajaj aja, lumayan bertiga cuma Rp 15.000,- jadi masing-masing bayar Rp 5.000,- aja. Dan akhirnya sampe juga di kosan :)


Rincian Transportasi Pulang:

Taman Safari - Jakarta:
Angkot dari Taman Safari ke Cimori  : Rp 5.000,-
Bus apapun yang menuju ke Jakarta   : Rp 10.000,-
Busway                                             : Rp 3.500,-
Bajaj                                                 : Rp 5.000,-


So total pengeluran hari itu:
Ongkos Pergi       : Rp 21.000,-
Sarapan               : Rp 14.000,-
Tiket Masuk TSI  : Rp 100.000,-
Ongkos Pulang     : Rp 23.500,-
----------------------------------- +
Total                      Rp 158.500,-


NB: Semua harga yang tercantum bisa berubah sewaktu-waktu

Some pictures was taken by @Dewi_3






22 comments:

  1. Lama perjalanan berapa jam ya ? terutama di bagian angkot dan bisnya

    ReplyDelete
  2. Perjalanan pergi pakai kereta 1 jam, setelah sampai dari stasiun bogor ke TMII, kalau angkot dapetnya cepet bisa 45 menit aja.

    Kalau naik bus perjalanan pulang sekitar 2,5 jam untuk sampai ke Kampung rambutan :)

    ReplyDelete
  3. tahun 2013 sekarang, angkotnya masih ada apa enggak mbak?

    ReplyDelete
  4. Masih ada angkotnya..
    cuma kalo ga salah yg berubah itu harga taman safarinya naik

    ReplyDelete
  5. Asik juga nih, bisa dicoba pergi ke sana ;)

    ReplyDelete
  6. Kalau saya mau ke cimory sama nggak kayak gituu ? please banget dijawab yg cepet :) thanks a lot :)

    ReplyDelete
  7. Kalau saya mau ke cimory sama nggak kayak gituu ? please banget dijawab yg cepet :) thanks a lot :)

    ReplyDelete
  8. kalau pulangnya mau menuju ke stasiun bogor lagi, angkotnya sm seperti ketika berangkat?

    ReplyDelete
  9. ehm.. mbak nanya dong, saya ama temen mau kesana tgl 16 besok
    itu perjalanan pake kreta dari jakarta ke tmn safari total waktunya habis berapa jam?

    trus tips2nya apa ya? yang harus diantisipasi.gitu. Kalo bus yang gratis itu kita harus minta atau ditawari ya?

    Makasih banyak

    ReplyDelete
  10. Sekitar 2 jam kalau macet..
    kalau yang bus gratis itu nanti tanya aja ke staff disana tapi biasanya langsung keliatan kok begitu masuk dr parkiran masuk... :)

    ReplyDelete
  11. mau tanya donk sis....

    klo pulangnya brp lama? pulang dr bogor sis jam brp??

    ReplyDelete
  12. 2,5 jam kalau naik bus dari cimori ke kampung rambutan...
    Sekitar jam 6 udh di cimori

    ReplyDelete
  13. 2,5 jam kalau naik bus dari cimori ke kampung rambutan...
    Sekitar jam 6 udh di cimori

    ReplyDelete
  14. Mbak naik bis ke jkt nya di tempat angkot merah mangkal ya? Apa hrs nyebrang jalan dulu ya.

    ReplyDelete
  15. Mbak naik bis ke jkt nya di tempat angkot merah mangkal ya? Apa hrs nyebrang jalan dulu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga perlu nyebrang pak, nanti naik bus nya dari jalan raya dkt angkot merah mangkal aja : )

      Delete
  16. Ooh..semua bus ke kampung rambutan itu lewat tol ya mbak?? 2,5 jam dari cimori ke terminal kampung rambutan itu tanpa macet ya mbak?

    ReplyDelete
  17. Ooh..semua bus ke kampung rambutan itu lewat tol ya mbak?? 2,5 jam dari cimori ke terminal kampung rambutan itu tanpa macet ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Saya pengen ke situ skrg ongkos berapa yah?? Naik brapa kali lipat hehehe😆

    ReplyDelete
  19. Mba serius kalo siang2 ada kereta buat keliling safari?soalnya sy berniat kesana dgn membawa motor.

    ReplyDelete