Tuesday, March 19, 2013

Candi Batujaya, Karawang


Jalan-jalan ke Karawang? Awalnya saya pikir ada apa di Karawang? Memangnya ada tempat yang bisa dikunjungi disana? Setau saya disana hanya banyak pabrik-pabrik dan daerah yang gersang serta panas.
Ternyata belum banyak yang tau bahwa di Karawang, terdapat komplek Candi, tepatnya di daerah Batu Jaya. Mungkin kebanyakan orang belum tau hal ini karena kurangnya publikasi mengenai Candi Batujaya di Karawang
How to get there?
Saya bersama 4 orang teman saya lainnya, pergi ke Karawang dari Bandung dengan mobil pribadi, karena setau saya tidak ada angkutan umum untuk menuju Candi disana. Jalur yang dilewati adalah kami masuk melalui tol Pasteur dan keluar di gerbang tol Karawang Barat. Ambil ke arah Rengasdengklok, selama perjalanan menuju ke Candi, kita tinggal mengikuti penunjuk jalan menuju Candi Batujaya. Akhirnya setelah perjalanan selama 3 jam, kami tiba di kecamatan Batujaya.
Untuk sampai ke Candi itu kita harus berjalan melewati persawahan, tapi sudah teredia jalan setapak yang cukup rapih sehingga tidak perlu kotor-kotoran di tanah sawah. Sebelum masuk kesana, kita diminta melapor terlebih dulu di pos terdekat yang di jaga oleh warga sekitar, juga jika ingin dibantu guide, warga disana akan dengan senang hati membantu.


Jalan setapak menuju Candi Jiwa dan Bladongan

Candi pertama yang dilihat adalah Candi Jiwa. Candi ini terbentuk dari susunan batu bata. Masih terlihat bentuk tangga dibagian depannya. Namun sebagian besar bagian puncaknya sudah rusak. Kalau dipikir-pikir bagaimana bisa ada candi ditengah persawahan yang datarannya lebih rendah dari candi itu. Mungkin pada awalnya warga melihatnya sebagai tumpukan tanah, saat akan di garap untuk persawahan, maka diketemukanlah Candi ini. Di samping Candi Jiwa ini, kita juga bisa melihat tumpukan batu-batu bata  yang merupakan sisa rereuntuhan Candi.

Candi Jiwa

Candi Jiwa dilihat dari samping, keseluruh bangunanya simetris


Tumpukan reruntuhan dari Candi
Tidak jauh dari Candi jiwa, kita bisa melihat Candi Bladongan, hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit. Sebetulnya bentuknya tidak terlalu berbeda dengan Candi Jiwa, hanya sekilas tampak lebih lebar. 


Candi Bladongan
Hamparan sawah yang luas di sekitar Candi juga bagus banget. Seandainya Candi ini dipugar mungkin akan lebih banyak menarik minat wisatawan untuk mendatanginya. Dan membantu untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar situs budaya ini juga.

No comments:

Post a Comment